Profil PPID

Kehadiran Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan publik.

Konsekuensi kehadiran Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah setiap badan public dewasa ini tidak lagi berwenang menyembunyikan beragam informasi public kepada masyarakat. Kecuali memang yang dilarang sesuai dengan amanat perundang-undangan yang berlaku. Keberadaan Undang-undang tentang keterbukaan informasi public sangat penting sebagai landasan hokum yang berkaitan dengan :

  1. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi;
  2. Kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proposional dengan cara sederhana;
  3. Pengecualian bersifat ketat dan terbatas;
  4. Kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokomentasi dan pelayanan Informasi.

Sesuai dengan amanat pasal 13 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, Pemkab Banjarnegara sebagai salah satu Badan Publik telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokomentasi (PPID) melalui Keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 488.5/127 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

PPID Pemkab Banjarnegara Beralamat Jl. A. Yani Nomor 16

Telp. (0286) 591043 Fax : (0286) 591187

e-mailppidbanjarnegara@gmail.com